kondisi yang dapat menyebabkan nyeri panggul





Nyeri panggul
Nyeri panggul adalah masalah umum di kalangan wanita. Sifat dan intensitasnya dapat berfluktuasi, dan penyebabnya sering tidak jelas. Dalam beberapa kasus, tidak ada penyakit yang terbukti.
Nyeri panggul dapat dikategorikan sebagai akut, artinya nyeri tiba-tiba dan parah, atau kronis, yang berarti nyeri datang dan pergi atau konstan, berlangsung selama beberapa bulan atau lebih. Nyeri panggul yang berlangsung lebih dari 6 bulan dan tidak menunjukkan perbaikan dengan pengobatan dikenal sebagai nyeri panggul kronis. Nyeri panggul dapat berasal dari genital atau organ lain di dalam dan sekitar panggul, atau mungkin psikologis. Ini dapat membuat rasa sakit terasa lebih buruk atau benar-benar menyebabkan sensasi rasa sakit, ketika tidak ada masalah fisik.

Apa penyebab nyeri panggul
Nyeri panggul mungkin memiliki banyak penyebab, termasuk:

Peradangan atau iritasi langsung pada saraf yang disebabkan oleh cedera, fibrosis, tekanan, atau peradangan intraperitoneal

Kontraksi atau kram otot-otot halus dan rangka

Menurut Artria beberapa sumber nyeri panggul akut yang lebih umum, atau rasa sakit yang terjadi sangat tiba-tiba, mungkin termasuk:

Kehamilan ektopik (kehamilan yang terjadi di luar rahim)

Penyakit radang panggul (juga disebut PID, infeksi organ reproduksi)

Kista ovarium bengkok atau pecah

Keguguran atau keguguran terancam

Infeksi saluran kemih

Radang usus buntu

Saluran tuba yang pecah


Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan nyeri panggul kronis mungkin termasuk:

Kram menstruasi

Endometriosis

Fibroid rahim (pertumbuhan abnormal pada atau di dinding rahim)

Jaringan parut antara organ dalam di rongga panggul

Polip endometrium

Kanker pada saluran reproduksi

Penyebab lain mungkin terkait dengan masalah pada sistem pencernaan, kemih, atau saraf.

Apa saja gejala nyeri panggul
Berikut ini adalah contoh dari berbagai jenis nyeri panggul yang paling sering digambarkan oleh wanita, dan kemungkinan penyebab atau asal usulnya. Selalu berbicara dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk diagnosis.

Jenis rasa sakit Kemungkinan penyebabnya
Nyeri lokal Mungkin karena peradangan
Kram Mungkin disebabkan oleh kejang pada organ lunak, seperti usus, ureter, atau usus buntu
Tiba-tiba timbul rasa sakit Mungkin disebabkan oleh kekurangan suplai darah sementara karena terhambatnya sirkulasi darah
Nyeri yang berkembang lambat Mungkin karena radang usus buntu atau obstruksi usus
Nyeri yang melibatkan seluruh perut Dapat menyarankan akumulasi darah, nanah, atau isi usus
Rasa sakit diperburuk oleh gerakan atau selama ujian Mungkin akibat iritasi pada lapisan rongga perut

Tentang waktu rasa sakit dan adanya gejala lain yang berkaitan dengan kegiatan seperti makan, tidur, aktivitas seksual, dan gerakan juga dapat membantu penyedia layanan kesehatan Anda dalam menentukan diagnosis.

Selain riwayat medis lengkap dan pemeriksaan fisik dan panggul, Anda mungkin memiliki tes lain termasuk:

Tes darah

Tes kehamilan

Urinalisis

Kultur sel dari serviks

Ultrasonografi. Teknik pencitraan diagnostik yang menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk membuat gambar organ internal.

Computed tomography (CT atau CT scan). Ini adalah tes pencitraan yang menggunakan sinar-X dan komputer untuk membuat gambar tubuh yang detail. CT scan menunjukkan detail tulang, otot, lemak, dan organ, dan segala kelainan yang mungkin tidak tampak pada sinar-X biasa.

Magnetic resonance imaging (MRI). Prosedur non-invasif yang menghasilkan tampilan dua dimensi dari organ atau struktur internal.

Laparoskopi. Prosedur bedah kecil di mana laparoskop, tabung tipis dengan lensa dan cahaya, dimasukkan ke dalam sayatan di dinding perut. Dengan menggunakan laparoskop untuk melihat ke daerah panggul, penyedia layanan kesehatan dapat menentukan lokasi, luas, dan ukuran pertumbuhan endometrium.

Sinar-X. Energi elektromagnetik digunakan untuk menghasilkan gambar tulang dan organ internal ke dalam film.

Kolonoskopi. Dalam tes ini, penyedia layanan kesehatan dapat melihat seluruh panjang usus besar, dan seringkali dapat membantu mengidentifikasi pertumbuhan abnormal, jaringan yang meradang, borok, dan perdarahan. Ini melibatkan memasukkan kolonoskopi, tabung panjang, fleksibel, menyala, melalui rektum naik ke usus besar. Kolonoskop memungkinkan penyedia layanan kesehatan untuk melihat lapisan usus besar, mengangkat jaringan untuk pemeriksaan lebih lanjut, dan mungkin mengobati beberapa masalah yang ditemukan.

Sigmoidoskopi. Prosedur diagnostik yang memungkinkan penyedia layanan kesehatan untuk memeriksa bagian dalam usus besar. Sangat membantu dalam mengidentifikasi penyebab diare, sakit perut, sembelit, pertumbuhan abnormal, dan perdarahan. Sebuah tabung pendek, fleksibel, dan terang, yang disebut sigmoidoscope, dimasukkan ke dalam usus melalui dubur. Cakupan meniupkan udara ke usus untuk mengembang dan membuat melihat bagian dalam lebih mudah.

Bagaimana perawatan nyeri panggul?
Perawatan khusus untuk nyeri panggul akan tergantung pada penyebab nyeri dan akan didiskusikan dengan Anda oleh penyedia layanan kesehatan Anda berdasarkan:

Keseluruhan kesehatan dan riwayat medis Anda

Luasnya kondisi

Penyebab kondisinya

Toleransi Anda terhadap obat, prosedur, atau terapi tertentu

Harapan untuk jalannya kondisi

Pendapat atau preferensi Anda

Perawatan mungkin termasuk:

Obat-obatan antibiotik

Obat antiinflamasi dan / atau nyeri

Latihan relaksasi

Kontrasepsi oral

Operasi

Terapi fisik

Jika penyebab fisik tidak dapat ditemukan, penyedia layanan kesehatan Anda dapat merujuk Anda untuk konseling untuk membantu Anda mengatasi rasa sakit kronis dengan lebih baik. Dalam kasus lain, penyedia layanan kesehatan dapat merekomendasikan perawatan multidisiplin menggunakan sejumlah pendekatan yang berbeda, termasuk modifikasi gizi, perubahan lingkungan, terapi fisik, dan manajemen nyeri.

Subscribe to receive free email updates: